Komunitas Fotografer Tanjung Pinang (KFT)

Foto diatas logo komunitas fotografer yang ada di Tanjungpinang, KEPRI INDONESIA.

Hasil Potret By Willy Sukamoto

Foto diatas adalah hasil dari salah satu anggota Komunitas Fotografer Tanjungpinang (KFT)

Selamat natal 2012

Info-Motret mengucapkan selamat tahun baru natal 2012

Hasil Foto By TL Photography

Foto yang diambil di PEKANBARU

info motret

http://info-motret.blogspot.com

Rabu, 20 Februari 2013

Kumpulan website tool fotografi

Informasi berikut tentang kumpulan beberapa website yang memberikan tool fotografi berguna untuk kita semua. Sebut DOF Calculator, tool ini sangat berguna untuk menghitung jarak hiperfokal lensa kita saat ingin memotret menggunakan teknik hyperfocal.
Ada juga tool virtual lighting studio, dari namanya saja sudah bisa ditebak. Tool fotografi ini berguna untuk latihan foto menggunakan lighting yang biasa disebut strobis. Anda tinggal mengubah posisi lampu dan ingin menggunakan berapa lampu untuk memotret model yang sudah ditentukan.
Tool fotografi Virtual lighting studio tersebut juga menyediakan beberapa pilihan bentuk lampu. Bagi yang baru ingin membeli kamera SLR juga ada tool SLR camera simulator yang berguna untuk latihan teknik fotografi secara dasar.
Mulai dari memahami diafragma, shutter speed juga setingan ISO ada di SLR camera simulator tersebut. Selain itu juga masih ada beberapa tool untuk melihat shuttercount kamera. Juga melihat data exif foto secara lengkap.
Selain itu juga ada kumpulan situs editing foto yang dapat dijadikan alternatif untuk menggantikan aplikasi seperti Adobe Photoshop. Kelebihan situs ini adalah dapat menyimpan pekerjaan anda secara online dan tidak perlu menginstal software di desktop anda.

Kumpulan Website Tool Fotografi

 

1. DOF Calculator (http://www.dofmaster.com/dofjs.html)
Berguna untuk mengetahui depth of field, hyperfocal distance dan circle of confusion dari kombinasi kamera dan lensa. Info hyperfocal distance terutama sangat berguna bagi landscape shooter.
2. SLR camera simulator (http://camerasim.com/camera-simulator)
Bagi pemula, atau yang ingin mencoba merasakan bagaimana fitur DSLR, website ini bisa sangat berguna. Karena kita bisa menentukan setting aperture, shutter speed, dan ISO. Ga cuma itu, focal length dan jarak juga bisa diatur, jadi kita bisa mengira-ngira gimana pengaruh lensa terhadap field of view. Sangat menarik!
3. Virtual lighting studio (http://www.zvork.fr/vls)
Yang lagi belajar jadi strobis, wajib nyoba! Website ini untuk mensimulasi posisi, kekuatan dan berbagai setting lain dari strobo.
4. Myshuttercount (http://www.myshuttercount.com)
Kalau mau ngecek shutter count, silakan buka website ini. Saat ini yang disupport baru kamera Nikon dan Pentax. Ga perlu download apapun, tinggal upload aja fotonya.
5. Cameraimagesensor (http://cameraimagesensor.com)
Ukuran sensor kamera sangat berpengaruh dengan kualitas foto. Pada dasarnya sih, semakin gede ukuran sensornya, semakin bagus kualitas fotonya.
Nah, saat ini udah ada berbagai macam format sensor. Sensor untuk kamera saku sendiri ada lebih dari satu. Selain itu ada APS-C, APS-H, full frame, medium format, dll. Dengan website ini, kita bisa membandingkan secara langsung ukuran dari masing-masing kamera.
6. Flickr EXIF statistic (http://stats.ghusse.com)
Terkadang kita ingin tau, focal length apa sih yang paling sering kita gunakan. Misalnya, kalo baru beli kamera DSLR dengan lens kit 18-55mm, terus ingin tau selanjutnya butuh lensa seperti apa. Kalau kebanyakan ada di range 18mm, berarti kita butuh lensa wide. Sebaliknya kalo kebanyakan mentok di 55mm, berarti butuh lensa tele. Data statistik ini bisa diketahui dengan website ini. Tapi, syaratnya foto2 kita tadi ada di flickr.
7. Jeffrey’s Exif Viewer (http://regex.info/exif.cgi)
Berbeda dengan Flickr EXIF statistic, tool Exif Viewer juga bisa kita gunakan untuk melihat detail exif data foto kita. Dan enaknya foto yang ada di internet, atau yang ada di harddisk, bisa pakai tool ini.
8. Splashup (http://www.splashup.com/splashup/)
Splashup adalah Editor gambar online yang mempunyai banyak fitur dan terintegrasi dengan situs photo sharing seperti Flickr, Picasa dan Facebook dan memungkinkan Anda mengakses foto Anda dari mana saja.
9. Pixlr (http://www.pixlr.com/app/)
Pixlr adalah Editor gambar berbasis Flash yang memiliki user interface hampir sama dengan Adobe Photoshop. Pixlr Memiliki tool Wand yang dapat membantu Anda secara otomatis memilih pixel berwarna serupa seperti tool Magic Wand dari Photoshop).
10. Phoenix (http://a.viary.com/tools/phoenix)
Phoenix adalah editor gambar online yang memiliki kemampuan hampir sama dengan aplikasi editor gambar di desktop.
11. SumoPaint (http://www.sumopaint.com/app/)
SumoPaint adalah editor gambar online yang memungkinkan anda untuk mengedit dan membuat gambar. Mempunyai Shape Tool untuk menggambar berbagai bentuk unik, Brush Tool dengan serangkaian brush yang berkualitas, Transform Tool untuk scaling, moving, rotating dan tool-tool yang lain.
12. Pixer (http://pixer.us/)
Pixeri adalah editor gambar online yang digunakan memenuhi kebutuhan editor gambar yang sederhana Pixer mempunyai tampilan sederhana dan memiliki fitur seperti cropping, resizing dan rotating. Pixer juga mempunyai pilihan pengaturan warna seperti Saturation, Brightness dan Contrast dan anda bisa menyimpan pekerjaan menjadi PNG, JPG, GIF atau BMP.
13. FotoFlexer (http://fotoflexer.com/)
FotoFlexer adalah editor gambar online yang memiliki banyak fitur dan mudah digunakan. FotoFlexer terintegrasi dengan situs photo sharing seperti Flickr, Picasa, Photobucket, Facebook, MySpace.
Semoga Kumpulan Situs Tool Fotografi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika ada tambahan website penyedia tool fotografi lainnya silahkan ditambahkan menggunakan form diskusi atau juga bisa kontak kami untuk menambahkan ke dalam artikel fotografi ini.

0 komentar:

Posting Komentar